Planning/perencanaan
adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang
diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan
merupakan penetapan jawaban kepada
enam pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus
dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu
harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus
dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus
dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan
tindakan itu ?
6.
Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut
Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk
mencapai sasaran tadi.
2. Organizing
Organizing
atau pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja
sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah
sasaran.
3. Controlling
Controlling
atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi
manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi
sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan
maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
4. Activating
Activating
atau pelaksanaan adalah suatu fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja nyata
dalam suatu kegiatan manajemen.
5. Staffing
Staffing
adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil
kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan
tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
6. Directing / Commanding
Directing
atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi
bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam
melaksanakan tugas masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan
benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
7. Coordinating
Coordinating
atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan
berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan
kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan
bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan
organisasi.
8. Reporting
Adalah
salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan
atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan
fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Pekerjaan leading meliputi lima
kegiatan yaitu :
- Mengambil keputusan
- Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara
manajer dan bawahan
- Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada
bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih
orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan
sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang
ditetapkan.
10.Innovating
Innovating
merupakan fungsi manajemen berupa penelitian, pengembangan, dan / atau
perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks
ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
11. Representing
Representing
adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.
12. Budgeting
Budgeting
merupakan fungsi manajemen berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik
itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.
13. Assembling
Assembling
merupakan fungsi manajemen dimana terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal
kegiatan yang berhubungan dengan manajemen itu sendiri.
14. Resources
Resources
merupakan fungsi manajemen berupa pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA
atau SDM sehingga terjadi ketepatgunaan.
15. Motivating
Motivating
atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa
pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan
melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16. Actuating
Actuating
adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha
untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha
organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang
agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama
untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang
dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
17. Communication
Communication
merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari
satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara
keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata
(lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini komunikasi
yag terjadi diantara hierarki kepemimpinan.
18. Decision Making
Dicision
Making merupakan fungsi manajemen yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau
keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu
jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses
pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa
berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.
19. Improving
Improving
adalah salah satu fungsi manajemen dalam hal peningkatan mutu kegiatan,
kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain.
Nama : Anisah Sukirman
Kelas/Jurusan : B17/Manajemen Informatika
Post a Comment